Consumer Price Index (CPI) adalah ukuran yang digunakan oleh para ekonom untuk melacak perubahan harga atas barang dan jasa yang dibeli konsumen.
Biro Statistik Tenaga Kerja (The Bureau of Labor Statistics/BLS) menghitung CPI dengan mensurvei konsumen untuk menentukan berapa yang mereka bayarkan untuk hal-hal seperti energi, makanan, perumahan, dan perjalanan.
CPI juga merupakan salah satu ukuran inflasi dan deflasi yang paling populer. Oleh sebab itu, CPI biasanya digunakan Federal Reserve untuk memantau perubahan harga dan memastikan pertumbuhan ekonomi tetap stabil, serta digunakan sebagai alat kebijakan moneter jika mendeteksi terlalu banyak inflasi atau deflasi.
Rumus Menghitung Consumer Price Index
BLS menghitung CPI dengan mengambil rata-rata biaya barang pada bulan tertentu dan membaginya dengan biaya dari barang yang sama bulan sebelumnya. Ini kemudian mengalikan persentase ini dengan 100 untuk mendapatkan angka indeks.
Rumus menghitung CPI seperti ini:
Consumer Price Index = Biaya Barang Bulan Ini/Biaya Barang Bulan Lalu x 100
Kemudian, BLS menggunakan nilai CPI tahun berjalan dan CPI tahun sebelumnya untuk menghitung tingkat inflasi. Berikut ini rumus untuk menghitung tingkat inflasi dengan CPI.
Tingkat Inflasi = Nilai CPI Baru – Nilai CPI Sebelumnya / Nilai CPI Sebelumnya x 100
Tingkat inflasi dapat dihitung untuk bulan tertentu atau periode tahunan; dalam kedua kasus, periode baru dan sebelumnya harus dipilih. Tingkat inflasi dilaporkan sebagai persentase dan seringkali positif (dengan asumsi harga pasar saat ini terapresiasi).
Apa Saja Contoh Consumer Price Index?
Untuk lebih memahami mengenai perhitungan nilai CPI, mari simak contoh berikut.
Katakanlah nilai CPI untuk tahun lalu adalah 100 dan tahun ini mungkin 105, maka hal ini menunjukkan bahwa ada kenaikan harga sebesar 5%. Ini berarti harga rata-rata barang dan jasa tahun ini meningkat sebesar 5% dari tahun lalu.
Contoh CPI lainnya, misalkan, CPI tahun ini adalah 110 dan CPI tahun lalu adalah 100, maka ada peningkatan harga rata-rata sebanyak 10%. Sedangkan, apabila nilai CPI tahun ini adalah 90, hal itu berarti terjadi penurunan harga rata-rata sebanyak 10%.
Kategori CPI
CPI dibagi menjadi delapan kategori, yang masing-masing dibagi lagi menjadi berbagai subkategori. Kedelapan kategori CPI tersebut adalah:
1. Makanan dan Minuman
Kategori ini mencakup semua jenis makanan dan minuman, termasuk makanan jauh dari rumah.
2. Perumahan
Kategori ini mencakup sewa, bahan bakar, dan keperluan rumah tangga lainnya seperti listrik dan air.
3. Pakaian
Kategori ini mencakup pakaian dan alas kaki.
4. Transportasi
Kategori ini mencakup kendaraan bermotor, bensin, dan angkutan umum.
5. Perawatan Medis/Kesehatan
Kategori ini mencakup layanan medis dan gigi, obat resep, dan peralatan medis.
6. Rekreasi
Kategori ini mencakup hiburan, seperti film, olahraga, dan peralatan rekreasi.
7. Pendidikan dan Komunikasi
Kategori ini mencakup biaya, buku, dan layanan komunikasi seperti telepon dan internet.
8. Barang dan Jasa Lainnya
Kategori ini mencakup berbagai macam barang dan jasa, seperti barang perawatan pribadi, perlengkapan rumah tangga, dan produk tembakau.
Manfaat CPI
CPI mengukur tingkat inflasi, yang merupakan salah satu ancaman terbesar bagi perekonomian yang sehat. Inflasi menggerogoti standar hidup jika pendapatan tidak mengimbangi kenaikan harga—biaya hidup meningkat seiring waktu.
Tingkat inflasi yang tinggi dapat merugikan perekonomian. Semuanya lebih mahal, sehingga produsen memproduksi lebih sedikit dan mungkin terpaksa memberhentikan pekerja. CPI memungkinkan kita mengukur faktor-faktor ini.
PT. Alma Indonesia Raya atau Almai adalah perusahaan Penasihat Berjangka yaitu Pihak yang memberikan nasihat kepada pihak lain mengenai jual beli Komoditi berdasarkan Kontrak Berjangka, Kontrak Derivatif Syariah dan/atau Kontrak Derivatif lainnya dengan menerima imbalan. Almai, memberikan layanan hanya untuk Klien yang telah memahami mekanisme Perdagangan Berjangka yang ingin mengembangkan portfolio hingga batas yang belum bisa dicapai saat ini. Untuk Klien yang belum pernah melakukan transaksi Perdagangan Berjangka, disarankan untuk mengikuti Pelatihan sekaligus membuka akun transaksi pada Perusahaan Pialang dan/atau Perusahaan Pedagang Aset Fisik Kripto yang terdaftar serta diawasi oleh Bappebti & OJK. Atau dapat mengikuti Program Layanan Almai Ultimate yang menyediakan Pelatihan dari seorang Wakil Penasihat Berjangka serta Monitoring transaksi dengan menggunakan teknologi digital berupa Expert Advisor dan Auto Signal.
Sudah menjadi anggota?
Daftar
Adalah Layanan nasihat berupa pelatihan atau pendampingan strategi perdagangan praktis dari seorang Wakil Penasihat Berjangka. Almai, memberikan layanan hanya untuk Klien yang telah memahami mekanisme Perdagangan Berjangka yang ingin mengembangkan portfolio hingga batas yang belum bisa dicapai saat ini. Untuk Klien yang belum pernah melakukan transaksi Perdagangan Berjangka dan ingin langsung mengembangkan portofolio transaksi disarankan untuk mengikuti Pelatihan sekaligus membuka akun transaksi pada Perusahaan Pialang dan/atau Perusahaan Pedagang Aset Fisik Kripto yang terdaftar serta diawasi oleh Bappebti & OJK. Atau dapat mengikuti Program Layanan Almai Ultimate yang menyediakan pelatihan dan monitoring transaksi.
Sudah menjadi anggota?
Daftar
Adalah layanan nasihat berbasis teknologi informasi. Expert Advisor dari PT. Alma Indonesia Raya telah mendapatkan rekomendasi dari Bursa Komiditi JFX untuk EA AIWE - EA Metatrader dan rekomendasi Bursa Kripto CFX untuk EA BIDBOX untuk EA Kripto. Klien akan mendapatkan Software untuk diinstal secara mandiri dengan mendapatkan pelatihan dan/atau pendampingan dari Wakil Penasihat Berjangka | Almai. Dalam Penggunaan EA, klien diharapkan untuk mempertimbangkan kecukupan modal sebesar >$5.000 dan hanya membuka akun transaksi pada perusahaan pialang atau perusahaan pedagang aset fisik kripto yang berizin serta diawasi oleh Bappebti & Ojk.
Almai Ultimate, adalah solusi komprehensif yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan harapan Klien pada Perdagangan Berjangka Komoditi melalui layanan Nasihat secara lengkap. Program ini menggabungkan tenaga Spesialis dan Teknologi Informasi bersertifikasi, mencakup tiga pilar utama yaitu: "ADVOKASI" untuk dukungan dan perlindungan Klien, "TEKNOLOGI" berupa Expert Advisor untuk otomatisasi perdagangan dan efisiensi layanan, "TARGET" Portofolio 0,8% setiap hari. Layanan ini bertujuan untuk memastikan bahwa klien dapat mencapai sasaran pertumbuhan portfolio dengan aman dan efektif!